Ads 468x60px

Senin, 28 November 2011

Key dan Atribut Deskriptif

Key, adalah satu atau gabungan beberapa atribut yang dapat membedakan semua baris data (row) dalam tabel secara unik. Artinya adalah apabila suatu field / atribut dijadikan key, maka tidak boleh ada dua atau lebih baris data dengan nilai yang sama untuk field / atribut tersebut. Sehubungan dengan pernyataan tersebut, maka kita dapat membedakan 3 (tiga) macam key yang dapat diterapkan pada suatu tabel :
1. Superkey.
2. Candidate-Key.
3. Key Primer (Primary-Key).
4. Kunci tamu (Foreign Key)
a. Superkey
Superkey adalah merupakan satu atau lebih field / atribut (kumpulan atribut) yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah table secara unik. Bisa terjadi, ada lebih dari 1 kumpulan atribut yang bersifat seperti itu pada sebuah table. Pada tabel Dosen yang memiliki 4 buah field / atribut tersebut, yang dapat menjadi superkey adalah :
§  (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat, kota, kodepos, gajipokok)
§  (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat, kota, kodepos)
§  (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat, kota,)
§  (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat,)
§  (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin,)
§  (nid, nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir)
§  (nid, nama_d, tempat_lhr)
§  (nid, nama_d,)
§  (nid)
§  (nama_d)
b. Candidate-Key
Candidate_key adalah merupakan kumpulan field / atribut minimal yang dapat membedakan setiap baris data dalam sebuah table secara unik.Sebuah Candidate-key tidak boleh berisi atribut atau kumpulan atribut yang telah menjadi superkey yang lain. Jadi sebuah Candidate-key pasti superkey, tapi belum tentu sebaliknya. Pada table Dosen tersebut diatas, yang dapat menjadi Candidate-key adalah :
§  (nid).
§  (nama_d), jika kita bisa menjamin tidak ada nilai yang sama untuk atribut ini.
Pada sebuah table dimungkinkan ada lebih dari satu Candidate-key, seperti contoh diatas. Salah satu dari Candidate–key ini (jika memang lebih dari satu) dapat dijadikan sebagai Key Primer (Primary key).
sebuah pengenal yang unik untuk sebuah baris dalam sebuah hubungan atau tabel data base. Candidate Key sederhana (satu atribut) atau gabungan (dua atribut). Di definisikan, dalam setiap hubungan harus mempunyai paling sedikit satu Candidate key, tapi bisa juga mempunyai lebih Candidate key. Jika dalam satu hubungan terdapat satu Candidate key maka secara otomatis akan menjadi kunci utama untuk hubungan tersebut, tapi jika terdapat banyak Candidate key maka , derainer harus menunjuk salah satu untuk menjadi kunci utamanya. Dan untuk setip Candidate key yang tidak ditunjuk sebagai kunci utama ialah kunci pengganti.

c. Primarye-Key
Primary_key adalah candidate-key yang dipilih untuk mengidentifikasi tupel secara unik pada suatu relasi. Kunci utama dapat terbentuk dari satu atribut atau lebih. Pemilihan Key Primer dari sejumlah Candidate-key pada suatu table didasari pada ketiga hal berikut ini:
1. Key tersebut lebih sering (natural) untuk dijadikan acuan.
2. Key tersebut lebih ringkas.
3. Jaminan keunikan Key tersebut lebih baik.
Dengan pertimbangan tersebut, kedua Candidate-key pada table dosen, yaitu nid dan nama_d, yang lebih cocok sebagai Key Primer adalah (nid). Hal ini dikarenakan bahwa jaminan keunikan daripada nid (nomor induk dosen) akan terjamin karena karena setiap nid pada suatu perguruan tinggi pastinya tidak akan sama nilainya, sedangkan kenapa tidak memilih nama_d, karena nama_d kemungkinan ada yang sama nilainya.
c. Foreign-Key
Kunci tamu adalah satu atribut (satu set atribut) yang melengkapi satu relationship (hubungan) yang menunjukkan ke induknya. Kunci tamu ditempatkan pada relasi anak dan sama dengan kunci primer induk direlasikan. Hubungan antara relasi induk dengan anak adalah satu lawan banyak (one to manyrelationship).

Kunci tamu dari table / relasi mengajar adalah : nid, kdmk dan kode_jur karena dalam table
ini membutuhkan data – data yang ada dalam table dosen, matakuliah dan jurusan.
Kunci primer untuk table / relasi mengajar adalah nid,thn_akademik,smt,hari,jam_kei,karena unik dan mewakili entity.
Dalam hal hubungan 2 buah relasi yang mempunyai relation banyak ke banyak (many to many), maka terdapat 2 buah kunci tamu pada relasi konektornya.

Hubungan relasi proyek dengan pegawai adalah many to many, dengan pengertian bahwa satu pegawai mengerjakan lebih dari 1 proyek dan 1 proyek dikerjakan oleh beberapa pegawai. Untuk menunjukkan hubungan tersebut, maka dipakai relasi konektor yang berisi kunci tamu dari kedua relasi (proyek dan pegawai). Sehingga relasi konektor proyek_pegawai berisi atribut :

Pada relasi proyek_pegawai tersebut atribut nik dan no_proyek merupakan kunci tamu (FK) dan keduanya juga menjadi primay key, dan keduanya merupakan kunci primer (primary key) pada relasi induknya. Sehingga hasilnya menjadi sebagai berikut :

Keterangan : FK = Foreign Key (kunci tamu), PK = Primary Key (kunci utama)

d. Atribut Deskriptif
Atribut diskriptif adalah atribut – atribut yang tidak menjadi atau merupakan anggota dari Key Primer pada suatu table didalam database. Pada table dosen diatas, yang menjadi atribut diskriptif adalah nama_d, tempat_lhr, tgl_lahir, jkelamin, alamat, kota, kodepos, gajipokok.

0 komentar:

Posting Komentar

clock