Ads 468x60px

Rabu, 07 Maret 2012

Berbagai Jenis InputStream dan OutputStream

InputStream

·         Beberapa kelas turunan dari InputStream dapat dirangkum dalam tabel di bawah ini :
Kelas 
Kegunaan 
Argumen yang dibutuhkan untuk membuat objek
ByteArrayInputStream
Menggunakan buffer pada memori sebagai aliran input
Buffer yang akan digunakan sebagai aliran input
StringBufferInputStream
Mengubah string menjadi InputStream
Suatu String (di dalamnya sebenarnya menggunakan StringBuffer)
FileInputStream
Untuk membaca informasi dari dalam file
String yang berupa nama suatu file, atau objek bertipe File atau FileDescriptor
PipedInputStream
Menghasilkan data yang ditulis oleh PipedOutputStream. Mengimplementasi konsep "piping". Bisa digunakan untuk multi-threading
Objek PipedOutputStream
SequenceInputStream
Menggabungkan dua atau lebih InputStream menjadi satu InputStream
Dua atau lebih objek bertipe InputStream atau kontainer bertipe Enumeration yang berisi InputStream yang akan digabungkan
FilterInputStream
Kelas abstrak yang merupakan interface dari beberapa kelas bantu untuk menggunakan InputStream lain




·         FilterInputStream adalah lapisan di atas InputStream yang berguna untuk memberi landasan pada kelas-kelas dekorator di atas. Kenapa dekorator? Karena kelas-kelas ini hanya memberikan fungsionalitas tambahan, akan tetapi tidak mengubah bagaimana I/O itu sendiri bekerja. Seperti disebutkan sebelumnya, bahwa kelas dasar InputStream dan OutputStream hanya memiliki metode-metode paling sederhana. Kelas-kelas ini memperbanyak metode baca/tulis untuk kemudahan pemrograman.
·         Kelas FilterInputStream sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang bisa dirangkum dalam tabel berikut ini :
·          
Kelas
Kegunaan
Argumen yang dibutuhkan untuk membuat objek
DataInputStream
Digunakan bersama-sama dengan DataOutputStream sehingga kita bisa menulis tipe data primitif, kemudian membacanya kembali tanpa harus diformat sendiri
InputStream
BufferedInputStream
Digunakan untuk menghindari pembacaan langsung dari media secara fisik setiap kali perintah read() diberikan. Atau dengan kata lain "gunakan buffer" untuk baca tulis
InputStream dengan kemungkinan menentukan besar buffer sendiri
LineNumberInputStream
Mencatat nomor baris dalam InputStream. Kita bisa menggunakan perintah getLineNumber() dan setLineNumber(int)
InputStream
PushBackInputStream
Memiliki satu byte buffer sehingga kita bisa meletakkan kembali karakter yang sudah diambil (dibaca)
InputStream
OutputStream
·         Beberapa kelas turunan dari OutputStream dapat dirangkum dalam tabel di bawah ini :
Kelas 
Kegunaan 
Argumen yang dibutuhkan untuk membuat objek
ByteArrayOutputStream
Membuat buffer dalam memori. Semua data yang kita kirim akan disimpan di memori ini.
Opsional untuk memberikan besar buffer yang akan disiapkan
FileOutputStream
Untuk menulis informasi ke dalam file
String yang berupa nama suatu file, atau objek bertipe File atau FileDescriptor
PipedOutputStream
Informasi yang kita kirim di aliran output ini akan berakhir pada objek bertipe PipedInputStream. Mengimplementasi konsep "piping". Bisa digunakan untuk multi-threading
Objek PipedInputStream
FilterOutputStream
Kelas abstrak yang merupakan interface dari beberapa kelas bantu untuk menggunakan OutputStream lain.


\\
·         Kelas FilterOutputStream sendiri terdiri dari beberapa jenis, yang bisa dirangkum dalam tabel berikut ini :
Kelas
Kegunaan
Argumen yang dibutuhkan untuk membuat objek
DataOutputStream
Digunakan bersama-sama dengan DataInputStream sehingga kita bisa menulis tipe data primitif, kemudian membacanya kembali tanpa harus diformat sendiri
OutputStream
PrintStream
Untuk mengeluarkan output yang sudah diformat. DataOutputStream hanya menangani bagaimana data disimpan sehingga bisa diambil kembali. PrintStream lebih berkonsentrasi pada "tampilan", sehingga data yang ditulis bisa dibaca dengan baik.
OutputStream dengan tambahan opsi boolean untuk memerintahkan buffer akan dikosongkan (flush) setiap kali baris baru ditulis.
BufferedOutputStream
Digunakan untuk menghindari penulisan langsung dari media secara fisik setiap kali perintah write() diberikan. Atau dengan kata lain "gunakan buffer" untuk baca tulis. Kita bisa menggunakan perintah flush() untuk mengosongkan buffer dan mengirimkan hasilnya ke media fisik.
OutputStream dengan kemungkinan menentukan besar buffer sendiri
post: http://dediknurdiantoro.blogspot.com/

0 komentar:

Posting Komentar

clock