Ads 468x60px

Kamis, 08 Maret 2012

Komponen Swing

Swing toolkit menyediakan banyak sekali komponen untuk
membangun aplikasi GUI desktop. Swing toolkit juga menyediakan
class-class untuk menangani interaksi antara aplikasi dan user
menggunakan standard input seperti keyboard dan mouse.
Komponen-komponen yang disediakan swing mencakup semua GUI
toolkit yang lazim digunakan dalam apilasi desktop, seperti : JTabel,
JList, JTree, JButton, JLabel dan masih banyak komponenkomponen
lainnya yang sudah teruji dan siap pakai.
Selain komponen GUI, swing juga menyediakan fasilitas untuk
proses undo, komponen untuk mengolah text, internationalization,
Komponen GUI yang mendukung penyandang cacat (accessibility
support) dan fasilitas drag-and-drop.
Look and Feel merupakan fasilitas yang unik dalam swing. Dengan
fasilitas Look and Feel ini kita bisa dengan mudah merubah
tampilan dari program kita sesuai dengan keinginan dan tujuan
kita. Misalnya, agar program terlihat fancy atau agar program
terlihat konsisten dalam segala keadaan.
Swing juga menyediakan library Java 2D untuk pengolahan data
secara visual, seperti mengolah gambar, object 2D, bahkan animasi.
SwingLabs.org menyediakan libary Swing Painter yang merupakan
pengembangan dari Java 2D, Swing Painter ini memungkinkan
aplikasi swing mempunyai tampilan yang indah dan terlihat
profesional.
Java 6.0 menambahkan banyak sekali fitur-fitur baru ke dalam
package swing, termasuk dukungan untuk library OpenGL
menggunakan JOGL, Tray Icon dan Web Service. Dengan adanya dukungan ini swing menjadi lebih poweful dan mempunyai masa
depan yang cerah.
Struktur Komponen Swing
Secara arsitektur, Swing dibangun diatas arsitektur AWT (Abstract
Windows Toolkit). AWT adalah GUI toolkit yang dikembangkan oleh
Sun engineer sebelum swing muncul. Kelemahan utama AWT
adalah fleksibilitas tampilan GUI, seperti painting method yang
masih sangat primitif.
Swing dimaksudkan untuk memperbaiki kekurangan dari AWT
tanpa harus membuang teknologi yang sudah dibuat dan membuat
GUI toolkit baru dari nol.
Komponen AWT diletakkan dalam satu package yaitu java.awt,
didalamnya terdapat komponen-komponen GUI dasar, salah
satunya adalah Component. Class Component adalah moyang dari
sebagian besar komponen AWT maupun Swing. CheckBox, Label,
Button dan beberapa komponen AWT lainnya adalah turunan
langsung dari class Component. Namun dalam kenyataanya
arsitektur demikian tidak memberikan fleksibilitas yang cukup
memadai untuk membuat berbagai macam komponen baru yang
dibutuhkan dalam desktop application.
Swing muncul dengan membawa teknologi AWT yang telah
ditambahkan dengan banyak kemampuan. Nyaris semua komponen
GUI dari swing merupakan turunan class Container dan class
Container adalah turunan dari class Component.
Bekerja dengan JLabel, JTextField dan
JButton
Bekerja dengan komponen swing menggunakan Matisse sangat menyenangkan dan mudah. GroupLayout yang sangat fleksibel
memungkinkan kita untuk membuat aplikasi dengan tampilan
seperti yang kita harapkan.
Label, textfield dan tombol adalah komponen-komponen dasar yang
selalu ada dalam setiap aplikasi berbasis desktop. Ketiga komponen
ini mempunyai fungsi yang sangat sederhana, textfield menyimpan
data berbentuk text (string) yang relatif pendek , label banyak
digunakan untuk memberikan keterangan penjelas terhadap
komponen lain dan tombol digunakan user untuk menjalankan satu
instruksi tertentu.
Berikut ini adalah contoh aplikasi sederhana yang melakukan
penjumlahan dua buah bilangan.

Untuk membuat aplikasi ini menggunakan Matisse, lakukan
langkah-langkah berikut ini:
1. Buat project baru di Netbeans (kalau sudah membuat project,
tidak perlu membuat lagi) dengan cara memilih menu :
File > New Project
Kemudian ikuti petunjuk yang diberikan dialog.
2. Buat class JFrame baru, caranya dengan memilih menu :
File > New File
Kemudian akan muncul dialog seperti di bawah ini :


3. Pilih kategori :
Java GUI Forms > JFrame Form
Seperti terlihat di dialog New File dialog diatas, kemudian beri
nama Penjumlahan.java
4. Buat tampilan form seperti gambar bawah ini, caranya dengan
klik Jendela Pallete di sebalah kanan untuk memilih komponen
apa yang akan dibuat, kemudian klik di jendela Design untuk
menempatkan komponen yang sudah dipilih tadi ke dalam
form. Hasilnya terlihat seperti pada gambar di bawah ini:


5. Ganti nama setiap komponen agar mudah dikenali. Klik kanan
diatas setiap komponen yang ada dalam Jendela Design diatas,
kemudian pilih menu :
Klik kanan > Change Variable Name ...
Ganti nama komponen-komponen tersebut (sesuai urutan dari
kiri ke kanan, atas ke bawah) menjadi : lblKeterangan, txtA,
lblPlus, txtB, btnHitung, lblHasil.
6. Menambahkan variable untuk menampung nilai yang akan
dijumlahkan. Klik tombol Source untuk membuka jendela yang
menampilkan kode sumber dari program di atas kemudian
tambahkan kode di bawah ini tepat dibawah definisi dari class
Penjumlahan:
private String str = "Hasilnya adalah : ";
private int a, b;
7. Menangani penekanan tombol btnHitung. Klik kanan diatas
komponen btnHitung kemudian pilih menu :
Events > Action > actionPerformed
Anda akan dibawa ke jendela Source, dan akan menemukan
kode program seperti di bawah ini :
private void btnHitungActionPerformed(
java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
}
Ubah kode program diatas menjadi :
private void btnHitungActionPerformed(
java.awt.event.ActionEvent evt) {
// TODO add your handling code here:
a = Integer.parseInt(txtA.getText());
b = Integer.parseInt(txtB.getText());
int hasil = a + b;
lblHasil.setText(str + hasil);
}
8. Compile dan jalankan program. Tekan tombol SHIFT + F6, atau
klik kanan file Penjumlahan.java kemudian pilih menu Run File.
Catatan :
● Method Integer.parseInt digunakan untuk merubah String
menjadi Integer.
● Method btnHitungActionPerformed akan dipanggil setiap kali
kita memencet tombol btnHitung.
Sekarang anda bisa melihat bahwa bekerja dengan JLabel,
JTextField dan JButton sangat sederhana. Untuk latihan, silahkan
rubah fungsi yang digunakan dalam program diatas, misalnya
perkalian dua bilangan atau pengurangan dua bilangan.
post: http://dediknurdiantoro.blogspot.com/








0 komentar:

Posting Komentar

clock