Ads 468x60px

Jumat, 22 Juli 2011

Tingkah laku dan etika yang baik

Etika adalah Ilmu yang membahas perbuatan baik dan perbuatan buruk manusia sejauh yang dapat dipahami oleh pikiran manusia. Etika sendiri membahas tentang:
nilai keutamaan dan bidang estetika
 nilai-nilai keindahan,
 pemilihan nilai-nilai kebaikan.

Untuk menghasilkan etika yang baik maka harus melakukan tingkah laku yang baik dan benar agar penilaian etika kita menjadi lebih baik dan menghasilkan sesuatu yang baik pula. Tingkah laku yang baik juga akan membawa kita untuk menjadikan orang yang berguna di dunia kerja.
Etika yang baik harus ditingkatkan dan terus dijalankan dimanapun kita berada agar kita bisa diterima dilingkungan masyarakat dengan baik dan bisa menjadi teman yang baik.
Tingkah laku yang baik harus dilakukan sejak sekarang agar kita terbiasa untuk bertingkah laku baik. Etika yang baik harus dilakukan dengan hati yang ikhlas agar kita mendapatkan perasaan yang baik dari orang lain. Tugas Etika, bagi orang-orang yang berfikir dan bergerak secara teoritis untuk memahami masalah-masalah yang dihadapi (baik masalah kehidupan maupun masalah ilmu). Etika adalah sikap kritis setiap pribadi dan kelompok masyarakat dalam merealisasikan moralitas itu. watak kesusilaan atau adat kebiasaan di mana etika berhubungan erat dengan konsep individu atau kelompok sebagai alat penilai kebenaran atau evaluasi terhadap sesuatu yang telah dilakukan.
Etika adalah sebuah refleksi kritis dan rasional mengenai nilai dan norma moral yang menentukan dan terwujudnya dalam sikap dan pola perilaku hidup manusia, baik secara pribadi maupun sebagai kelompok.
Tingkah laku atau attitude merupakan sikap yang obyektif tertentu, yang dapat merupakan sikap pandangan atau sikap perasaan, tetapi sikap tersebut di sertai sikap kecenderungan untuk bertindak sesuai dengan sikap obyektif tadi itu dan sebagai sikap dan kesediaan bereaksi tehadap suatu hal. Dari pengertian itu dapat dikatakan bahwa sikap mengandung beberapa komponen pokok yaitu komponen kognitif (sikap pandangan), komponen afektif (sikap perasaan) dan komponen konatif (kecenderungan untuk bertindak).

0 komentar:

Posting Komentar

clock